Cara Reset Printer Canon IP2770, MP287, MP237, MP258 dan Tipe Lainnya Secara Mudah dan Cepat

Sudah pernahkah Anda melakukan reset printer Canon IP2770, MP287, MP258, maupun tipe lainnya yang Anda miliki? Bagi Anda yang belum pernah dan ingin mencobanya, sangat tepat sekali Anda mengunjungi artikel Salam Tekno kali ini karena saya akan memberikan panduannya yang mudah untuk Anda praktikkan.

reset printer canon ip2770 mp287

Ada beberapa sebab mengapa cara reset printer Canon IP2770 perlu Anda lakukan. Bisa karena pemakaian printer telah melebihi batas pemakaian, namun kebanyakan karena printer mengalami kendala atau masalah dalam sistemnya sehingga perlu direset ke pengaturan awal.

Namun, tidak semua masalah yang ada pada printer Canon dapat diperbaiki dengan meresetnya, seperti masalah munculnya kode error E05 printer Canon dan tinta printer infus tidak naik serta tidak dapat mengalir ke cartridge. Jika printer Anda mengalami satu dari dua masalah tersebut, saya telah membahas solusinya pada dua artikel sebelumnya.

Cara reset printer Canon MP287 dan cara reset printer Canon IP2770 serta cara reset tipe printer Canon lainnya seperti MP237, E410, G2000, dan MP258 dapat mengikuti tutorial yang akan saya bahas di bawah ini karena langkah-langkahnya sama saja. Adapun perbedaannya nanti akan saya jelaskan bersamaan dengan tutorial.

Lalu, bagaimanakah cara reset printer Canon tipe IP2770, MP287, serta tipe lainnya secara mudah dan cepat? Daripada membawanya ke tempat service yang mengeluarkan biaya reset printer Canon yang lumayan, lebih baik Anda simak dan cobalah ikuti panduannya berikut ini.

Cara Reset Semua Tipe Printer Canon (IP2770, MP287, dan Lainnya)

Cara reset printer Canon IP2770 secara total dapat dilakukan dengan dua tahap, yakni meresetnya secara manual terlebih dahulu kemudian meresetnya melalui PC atau laptop dengan bantuan aplikasi reset printer Canon IP2770.

Cara Reset Printer Canon IP2770 Manual

Cara reset printer Canon IP2770 manual tanpa software artinya dilakukan pada fisik printer itu sendiri. Berikut langkah-langkahnya.

Hubungkan terlebih dahulu printer dengan PC atau laptop menggunakan kabel USB. Hal ini agar printer bisa terdeteksi pada laptop ketika akan direset.

Dalam posisi printer mati, tekan tombol Stop/Reset untuk mereset printer Canon MP287, MP258, dan MP237 atau tombol Resume untuk tipe printer Canon IP2770. Tekan juga tombol Power bersamaan dengan tombol tersebut.

reset printer canon manual

Lepaskan tombol Stop/Reset atau tombol Resume dan jangan lepaskan tombol Power. Kemudian, tekan kembali tombol Stop/Reset sebanyak dua kali untuk tipe printer MP287 dan tekan tombol Resume sebanyak lima kali pada tipe printer IP2770. Setelah itu, lepaskan kedua tombol secara bersamaan.

Tunggu printer diam dan stand by setelah melakukan pergerakan. Dalam posisi ini, printer sedang dalam keadaan Service Mode dan siap untuk direset melalui komputer atau laptop.

Reset Printer Canon dengan Software Resetter PC

Sediakan minimal dua lembar kertas pada dudukan kertas printer (paper tray). Hal ini karena printer akan melakukan pencetakan ketika proses reset berlangsung.

Download dan miliki software resetter Canon IP2770 dan MP287 terlebih dahulu melalui tautan di bawah ini. Anda tidak perlu menginstalnya karena software tersebut bersifat portable.


Ekstrak file tersebut dan jalankan aplikasinya. Setelah terbuka, klik tombol Main pada menu Clear Ink Counter. Printer akan berproses dan melakukan pencetakan satu halaman bertuliskan "D=000.0".

resetter printer canon

Pada menu Operation, klik tombol EEPROM Clear dan tunggu hingga printer selesai berproses, kemudian klik tombol EEPROM pada menu Print. Printer akan melakukan pencetakan yang kedua kalinya.

Setiap operasi yang telah selesai dilakukan akan ditandai dengan munculnya notifikasi A function was finished pada aplikasi resetter. Untuk itu, tunggu dan jangan lakukan operasi berikutnya sebelum notifikasi tersebut muncul.

operasi telah selesai

Sampai di sini, cara reset printer Canon IP2770, MP287, MP237, maupun tipe lainnya selesai. Terakhir, silakan Anda matikan kemudian nyalakan kembali printer dengan tombol Power. Printer siap untuk digunakan! Baca: Cara mematikan printer dengan laptop

Kesimpulan

Cara reset printer Canon IP2770, MP287, MP237, MP258, dan tipe lainnya secara total dapat dilakukan dengan dua langkah, yakni secara manual tanpa software kemudian melalui aplikasi resetter Canon IP2770. Melakukan reset printer sendiri tentunya lebih hemat dibanding dengan membawanya ke tempat service yang mana biaya reset printer Canon cukup lumayan.

Itulah tutorial bagaimana cara reset printer Canon IP2770, MP287, serta tipe lainnya. Cukup mudah bukan? Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Selamat mencoba!